web analytics
header

Wi-Fi Detektor Bentuk Anstisipasi Kecurangan Pada UTBK-SNBT Tahap II

Sumber: Humas Unhas

Sumber: Humas Unhas
Sumber: Humas Unhas

Makassar, Eksepsi Online – (25/05) Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) Tahun 2023 tahap kedua telah berlangsung sejak tanggal 22 hingga 28 Mei 2023. Pada kesempatan ini, pimpinan Unhas yaitu Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., selaku Rektor Unhas bersama Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yaitu Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto,DESS., DEA., IPU., ASEAN Eng., selaku Ketua TIM Pelaksana Eksekutif SNPMB melakukan peninjauan langsung pada beberapa lokasi tes yang ada di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa, Senin (22/05).
 
Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan tes. Prof. JJ menjelaskan bahwa pihak Unhas telah melakukan beberapa langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kecurangan selam proses berlangsung. Hasilnya, pada pelaksanaan tes tahap awal berlangsung dengan baik tanpa kendala. Selain itu, Prof Budi memberikan apresiasi atas upaya strategis yang dilakukan oleh Unhas dalam mendorong keberhasilan pelaksanaan UTBK-SNBT. Selama proses peninjauan tidak ditemukan kendala yang bisa menggangu kelancaran pelaksanaan ujian.
 
Adapun jumlah peserta yang hadir pada pelaksanaan UTBK-SNBT tahap II di hari pertama sebanyak 96.39%. Artinya, hampir dari seluruh peserta yang melakukan ujian di Unhas hadir pada pelaksanaan UTBK.
 
Ada hal menarik dalam Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahap dua tahun ini yaitu, penggunaan Wi-Fi Detektor. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslim, PhD ketika dikonfirmasi membenarkan penggunaan Wi-Fi Detektor secara berkala di dalam ruangan ujian untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya jaringan lain yang digunakan di dalam ruangan.
 
“Ini langkah-langkah antisipasi saja untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan UTBK-SNBT ini. Jadi, selain detektor logam, pengawas juga dilengkapi Wi-Fi Detektor. Wi-Fi detektor ini mulai digunakan di SNBT tahap II ini, jelas WR I Unhas ini. (azm)

Related posts: